PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)

PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) Mungkin saja, jarang terdengar kata-kata ini di telinga kita, karena sedikit sekali orang yang mengetahui apa itu PAUD, bagaimana seluk-beluknya dan lain sebagainya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar menjadi anak yang memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pada kamis, 23 Oktober 2008, bertempat di Gedung Sabha Nugraha Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur, diadakan Acara mengenai Sosialisasi Program PAUD, oleh Sub dinas Pendidikan Luar Sekolah (PLS), yang dihadiri kurang lebih 150 orang dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur.

Dari setiap Kabupaten / Kota megirimkan 3 peserta meliputi : 1. Dinas, 2. PKK, 3. BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remas Masjid Indonesia) beserta Dharma Wanita dan Guru dari pusat. Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.45 sampai 2.15 WIB, berlangsung lancar.

Acara ini, menghadirkan nara sumber yakni, Dra. Umi Dayati, MPd. (Dari Univ. Negeri Malang), Beliau lebih mengemukakan bagaimana menjadi Penggiat PAUD yang ikhlas dan Berbahagia, kemudian hadir pula Drs. Sultoni, MPd. (Dari Univ. Negeri Malang), lebih membicarakan bahwa Teaching Revolution (Perubahan Pembelajaran) maksudnya bagaimana menjadikan suasana yang dulunya seperti neraka berubah menjadi surga, dan Drs. H. Ali Muaffa (Ketua Umum BKPRMI Jatim), menjelaskan bahwa Apa kegiatan PAUD, Visi dan Misinya selama ini.

Tujuan diadakannya kegiatan pendidikan ini untuk mengembangkan potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dari sini kita sudah bisa memahami bahwa PAUD adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan: daya pikir, daya cipta, emosi, spiritual, berbahasa/komunikasi, sosial, sehingga di usia mereka, membiarkan bermain sesuai dengan keinginan yang menurut mereka menarik dan menantang selagi tidak membahayakan mereka. Orang tua hanya melihat dan menggontrol aktivitas anak didik kita yang sedang aktif.

Secara esensial, substansial PAUD memiliki 3 Kategori, dan itu semua tidak ada perbedaan karena masing-masing bertujuan melejitkan semua potensi perkembangan yang telah dimiliki setiap anak sejak lahir.

3 kategori dalam PAUD yakni :

1. PAUD Formal : TK / RA

2. PAUD Non Formal : Kelompok bermain, Taman Penitipan Anak dan Satuan Paud Sejenis (SPS)

3. PAUD Informal : Paud yang dilaksanakan oleh Lingkungan, misalnya Pendidikan dalam keluarga

Menurut 3 kategori yang tercantum diatas, PAUD diindentikkan pendidikan TK. Tentu pendapat ini kurang tepat mengingat pendidikan TK hanya dialami anak satu atau dua tahun. Itu pun jika anak sempat mengalami pendidikan TK. Mengingat batasan PAUD adalah usia anak sejak lahir hingga enam tahun, PAUD lebih banyak dilaksanakan keluarga. Dengan demikian, keluargalah yang paling bertanggung jawab pada PAUD. Seperti halnya di rumah Orang tualah yang berperan, sedangkan disekolah yang berperan adalah guru. Akan tetapi terkadang mereka belum paham siapa, apa, dan bagaimana, serta apa yang dibutuhkan oleh anak sehingga mereka sering memperlakukan anak. Misalnya anak-anak yang membutuhkan rangsangan bahkan sejak dalam kandungan rangsangan yang dimaksud mungkin dalam kandungan sesering mungkin anak diajak berbicara, dibacakan cerita, didengarkan musik klasik dan semacamnya sambil perut ibunya dielus-elus, namun itu semua terlewatkan begitu saja. Bahkan yang lebih fatal lagi orang tua sering melakukan sesuatu yang kontra-produktif terhadap anak-anak, seperti ibu yang mendapat tekanan psikhologis/emosional ketika sedang mengandung serta perlakuan kekerasan kepada anak.

Pada PAUD Non Formal meliputi SPS, SPS merupakan lembaga Paud non formal di luar Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak, contohnya ialah Pos Paud (Paud yang diintegrasikan dengan Posyandu dan BKB), Taman Pendidikan Anak Sholeh (TAPAS), Taman Anak Anak Muslim (TAAM) yaitu Paud yang diitegrasikan dengan Taman Pendidikan Al Qur’an, dll.

Kini zaman sudah berubah. Kita sudah sampai pada zaman teknologi canggih. Secara garis besar teknologi sangat berperan penting dalam program PAUD ini salah satunya adalah sebagai Media Pembelajaran. Disini kita dapat mengenalkan kepada anak-anak didik kita, media pembelajaran secara interaktif dengan menggunakan internet. Seperti halnya berada diruang kelas, kita dapat merubah yang dulunya dalam belajar sangat menjenuhkan dan membosankan yang hanya itu-itu saja kalau tidak diterangkan ya diberi tugas tetapi dengan adanya media ini, kini dapat menciptakan suasana kelas yang penuh dengan ilmu teknologi yakni menciptakan game online sehingga anak-anak jadi betah dan senang dengan fasilitas yang disediakan.

Mungkin seusia PAUD ini kondisinya sangat labil jika tidak diperhatikan oleh orang tua mereka, agar dapat berkembang optimal maka yang dibutuhkan Anak Usia Dini adalah

1. Asupan gizi yang cukup

2. Pemeliharaan kesehatan, artinya sedapat-dapatnya anak tidak terserang penyakit yang serius, serta jika sakit segera diobati sehingga tidak sakit dalam jangka waktu yang lama yang bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

3. Rangsangan psikhososial, misalnya bermain, rasa aman, kasih sayang, dan lain-lain

Untuk mendidik Anak Usia Dini ini membutuhkan kesabaran yang besar. ” Jika anak-anak sering menerima kekerasan akibatnya jelas rasa ingin tahu mereka menjadi tidak berkembang, dan tentunya anak akan cenderung pasif, kurang kreatif, dan kurang Inisiatif dan yang terpenting anak tidak memiliki rasa percaya diri, bisa jadi cenderung menarik diri. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya sebagai orang tua hendaknya banyak-banyak bermain dengan mereka, mengajak berbicara layaknya sahabat akrab,” ujar Totok Isnanto selaku Kasi PAUD.

5 Tanggapan to “PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)”

  1. Terima kasih infonya. Sharing yuk…kami sedang merintis sebuah lembaga pendidikan (PAUD) mulai Agustus 2008 kemarin. Oya tolong di link ke blog kami ya…

  2. buk sbnrnya PAUD ini ap seh?? Ap termasuk program dari pemerintah??

  3. bisa memberikan info tentang alamat TAAM Insal Kamil di daerah malang, saya tertarik karena sempat membaca artikelnya di surat kabar. Tolong sms ke 081333069966.
    Trims

  4. terimakasih infonya neng rizki doakan kami sukses mendirikan lembaga PAUD………..

  5. Terima kasih banyak infonya, tetapi agar manfaatnya lebih ke banyak orang mungkin baiknya bukan latar belakang hitam/gelap…..hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: