Premium, Pertamax Turun Harga….

Pemerintah menurunkan harga premium dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Harga baru premium itu akan berlaku mulai 1 Desember mendatang. Selain itu, harga BBM bersubsidi lain seperti minyak tanah dan solar tak turun karena masih jauh dari harga keekonomian.

Apakah Anda setuju dengan keputusan tersebut???

Mungkin penurunan harga BBM disambut baik oleh masyarakat, harga premium dari Rp. 6.000 menjadi Rp. 5.500 perliter. Namun besaran penurunan sangat sedikit sekali untuk dirasakan oleh masyarakat, akan tetapi apakah penurunan tersebut sangat menguntungkan atau malah merugikan bagi Pemerintah???? kita masih bertanya-tanya. Karena tidak hanya harga Premium saja yang turun, bersamaan pula penurunan harga Pertamax sebesar Rp 1.000 meskipun pertamax bahan bakar yang tidak disubsidi pemerintah dibanding premium yang disubsidi pemerintah.

081106cbbm-turun081101bpertamax1

Hal ini tentu menggembirakan konsumen, lantaran sebelumnya harga pertamax sempat mencapai Rp 10 ribu per liter. Tapi, bagaimana dengan pengguna premium? Sejak harga minyak dunia melorot dari US$ 147 per barel menjadi US$ 65 per barel yang membuat pertamax turun sekitar Rp 3.000 per liter, premium masih tetap dijual Rp 6.000 per liter.

Namun, sikap pemerintah masih mendua untuk menurunkan harga BBM dengan alasan, subsidi BBM tahun 2008 sudah habis. Tapi, sejumlah pengamat mengatakan saat ini dengan harga minyak mentah dunia sekitar US$ 65 per barel, harga premium sebenarnya hanya sekitar Rp 5.100 rupiah per liter. Sehingga, pemerintah tetap bisa mendapat untung dengan menjual premium Rp 6.000 per liter.

Penurunan harga premium bersubsidi akan diberlakukan mulai 1 Desember 2008, sedangkan harga pertamax sudah diberlakukan sejak 1 November 2008. Untuk harga pertamax sudah mengalami penurunan 2 kali dalam setahun kali pertama dilakukan tanggal 15 Oktober 2008. dan sempat terjadi bahwa para konsumen kembali lagi meminati bahan bakar Pertamax untuk dijadikan kebutuhan. Dengan bertambahnya pemakaian pertamax juga membuat pemerintah sedikit lega. Pasalnya, penggunaan BBM subsidi seperti premium dapat dihemat. Ini merupakan sedikit dampak positif dari melemahnya perekonomian global yang berimbas pada berkurangnya konsumsi BBM dunia.

Satu Tanggapan to “Premium, Pertamax Turun Harga….”

  1. wong ganteng Says:

    yg kaya yg punya pertamina……………..
    ga penting kali yach

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: