KuLiner ala Makassar

Setelah berhasil menyedot hati para blogger tentang kuliner dari Ponorogo “Kota Reog” yakni es dawet jabung. Kini saya akan melanjutkan dengan makanan khas Makassar. Saya tidak hanya meliput masakan kampung halaman Ibu saya yakni Ponorogo, tentunya saya harus meliput dari kampung halaman Ayah saya donk…hehehehehe!!!pi untuk selanjutnya saya akan meliput masakan daerah lainnya ok..Selamat menikmati.

853

Biasanya orang menyebut makanan ini dengan sebutan “Makanan Hari Raya Orang Bugis”. Burasak yang terbuat dari beras sama persisinya dengan sebangsa lontong dan ketupat. Tapi burasak ini ditambahkan dengan santan, sehingga rasanya sedikit gurih. Jadi burasak ini bisa dimakan secara langsung tanpa menggunakan lauk. Biasanya burasak disajikan dengan Cotto makassar atau Opor ayam, tapi itu juga tergantung dari selera masing-masing. Sehinnga terasa lezat dan mak nyuss dech. Biasanya saya kalo makan jarang menggunakan sayur, tanpa sayaur enak kok…Dan cara menggunakan harus extra kuat untuk mengikatnya. Saya pernah melihat nenek membuat ini burasak, ya ampun…5 kg beras, cuman jadi beberapa ikat.

123Jujur secara pribadi aku gak suka sekali yang namanya makanan daging, apa lagi jerohan atau berkaldu, kenapa ya aku gak suka. Coto makassar merupakan masakan khas daerah berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat atau burasak.

1234Ehhmm….Mak Nyusss dech kalo sudah lihat ini makanan. Es Pisang Hijau ?? Makanan ini terbuat dari pisang raja, dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan sebagai pewarna dang pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut dan sirop. Biasanya orang menganggap kalo Es Pisang Hijau dan Es Pallu Butung thu sama, padahal berbeda memang ada kemiripan sama-sama terbuat dari pisang. Tapi es pallu butung thu pisangnya tidak dibalut dengan tepung. Mungkin di surabaya tidak sedikit yang jualan itu makanan dan tentunya sudah pada tau semua. Tapi maap aku gak tau tempat yang enak jualan di surabaya karena gak pernah beli, pasti bikin sendiri mama yang bikin hehehehe… Ntar kalo udah nemu yang enak, beri tau q yaw…hehehe!!!

789Wah…..ini niech…makanan yang aku suka kalo saudara ada acara pernikahan, pesta dll pasti yang aku cari pertama yakni makanan ini Barongko. Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang.Untuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda dan akan terasa nikmat sekali kalo disajikan dalam bentuk dingin, pasti..mak nyuss..dan tentunya di surabaya tidak ada orang yang jualan makanan ini setau akau sich….hanya Depot tertentu yang jualan ini makanan.

752Dari tadi kita membahas makanan yang berbau pisang melulu yaw….sekarang kita masuk dalam menu jajanan Pisang epe’. Makanan khas daerah yang terbuat dari pisang kepok yang mengkal, dibakar dan dipipihkan. Pisang Epe’ disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera.Dan biasanya pisang epe’ ini bisa disajikan dengan memakai gula putih halus, pokoknya enak dech…dan yang perlu diingat, kue-kue yang disajikan dalam makanan Bugis-Makassar ini rata-rata makanan yang berbau manis….

Selamat Mencoba…..!!!!

2 Tanggapan to “KuLiner ala Makassar”

  1. yang pernah saya makan hanya es pisang ijo dan pallu butung itu😉

  2. Barongko makanan yang pling q suka…ntar tmen2 klo ada yang bikin, tlong paketkan d rmah q yach…heheheh Kilat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: