“ApriL Mop…” 1 ApriL 2009

Budaya barat memberikan pengaruh kuat bagi budaya timur khususnya di negara kita Indonesia Raya. Salah satu Valentine day, Valentine day merupakan budaya barat yang tanpa sengaja masuk di negara kita dan membiasakan untuk merayakannya. Valentine day yang jatuh tepat pada tanggal 14 Februari yang disebut dengan Hari Kasih Sayang itu telah memberikan bermacam-macam pengertian untuk memahami dan memaknai hari itu. Sekarang kita berpikir secara logis apakah mungkin hari kasih sayang itu harus jatuh pada tanggal 14 Februari, apakah hari kasih sayang tidak bisa dirayakan setiap hari????? Memang sungguh sulit untuk kita memahami itu semua. Banyak ungkapan yang di utarakan terhadap orang yang disayang dan dicintai dengan memberikan sebuah Coklat, bunga, boneka dan bingkisan lainnya.

Nah…..sekarang kita memasuki bulan April, yang biasanya orang menyebut dengan APRIL MOP. Apakah ini juga termasuk tradisi dari budaya barat?? April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahunnya. Pada hari ini, orang bisa memberikan lelucon kepada orang lain yang dianggap bersalah. Istilahnya kita menjailin orang yang dekat dengan kita. Kita bisa berbohong, menipu dengan tujuan untuk  mempermalukan diri mereka. Wah…Asyik thu kayaknya…So kita puas-puasin dech ngejahilin orang terdekat kita. Tentunya kalian memiliki 1001 cara donk untuk ngejahilin dan memberikan lelucon dengan orang disekitar anda.

Singkat cerita :

Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.
Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Tapi…Ingat..setelah ngejahilin, menipu, dan memberikan lelucon kepada mereka, jangan lupa diakhir cerita harus minta maaf, itu penting banget. Jadi Hubungan silaturahmi dan pertemanan masih tetap terjaga.Ok…. Good Luck!

APRIL….MOP….. 1 APRIL

Satu Tanggapan to ““ApriL Mop…” 1 ApriL 2009”

  1. pertamax…!🙂

    gak ada lelucon lagi mungkin….
    tapi…
    memang…
    dunia penuh warna…🙂🙄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: